Rangkaian 1 – CAPACITY BUILDING

We care them merupakan sebuah project sosial yang diselengarakan oleh Indonesian Future Leaders Chapter Malang, project sosial ini fokus terhadap isu kesehatan berupa kanker yang diderita oleh anak-anak. Para survivors kanker anak tersebut tergabung dalam SAK (sahabat anak kanker) yang dimana mereka merupakan anak-anak pejuang yang sedang berjuang bersama melawan kanker yang ada dalam tubuh mereka. Untuk membantu pejuang cilik tersebut We Care Them menyelengarakan beberapa kegiatan sepert WCT – Capacity Building, WCT – C Talks! , WCT – Community Services.  Untuk itu kegiatan We Care Them 2020 diharapkan mampu meringakan dan membantu teman-teman pejuang cilik SAK. 

Pemaparan mengenai kanker oleh dr. Susanto Nugroho SpA(K) via ZOOM

Untuk agenda pertama yang dilaksanakan yaitu, Capacity Building yang merupakan talkshow/webinar yang diselenggarakan khusus untuk panitia internal Indonesian Future Leaders Chapter Malang. Acara yang dilaksanakan pada tanggal 8 November 2020 lalu ini mengundang dua narasumber yang sangat inspiratif yaitu dr. Susanto Nugroho dan Nur Very Heni Susanto (om Very) serta mebahas mengenai topik seputar  kanker yang menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia serta leukemia yang merupakan salah satu kanker yang paling banyak penderitanya di Indonesia. Selain itu dalam webinar tersebut juga dibahas mengenai macam-macam kanker, gejala kanker, fakta seputar kanker, dan masih banyak lagi. Tidak hanya topik seputar kanker,  dalam agenda tersebut juga terdapat penjelasan singkat tentang SAK (Sahabat Anak Kanker), diharapkan materi SAK dapat menjadi bekal para internal IFL untuk melakukan agenda selanjutnya Community Service.  

Capacity Building dilaksanakan pada Minggu, 8 November 2020 mulai pukul 13.00 WIB. Dengan narasumber dr. Susanto Nugroho SpA(K) dari Divisi Hematologi Onkologi IKA FK UB dan Nur Very Heni Susanto (Om Very) yang merupakan founder Sahabat Anak Kanker. 

Acara dimulai dengan pemaparan materi oleh dr. Susanto, yang membahas mengenai kanker dan leukemia pada anak dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan audiance. Dr. Susanto menjelaskan, penyebab kanker adalah multifactorial dan karakteristik kanker tiap anak sulit untuk di screening tetapi bisa dideteksi secara dini. Yang perlu diwaspadai untuk menghindar kanker adalah dengan mendeteksi dini dan bisakan pola hidup sehat. Untuk anak-anak yang terkena kanker, selain dengan menjalani pengobatan saja seperti kemoterapi, dukungan psikososial seperti bermain dapat meningkatkan dan membantu hormone pertumbuhannya.

Selanjutnya penyampaian materi oleh Om Very mengenai Sahabat Anak Kanker. Sahabat Anak Kanker sendiri merupakan sebuah komunitas yang sejak 2015 mendukung anak-anak kanker melalui aktivitas bermain. Kegiatan yang dilakukan SAK sebagai wujud dukungan untuk perjuangan anak-anak melawan kanker. Terdapat 3 jenis dukungan yang diberikan oleh SAK yaitu; aktivitas bermain & belajar, aktivitas keluarga pasien, dan patients welfare supports. Berjuang melawan kanker anak tidaklah mudah, karena di usia yang masih kecil mereka harus mempertahankan nyawa berperang melawan kanker, oleh karena itu SAK membantu mereka untuk mewujudkan kembali senyum bahagia mereka.

Setelah pemaparan materi dari dua narasumber selesai, acara selanjutnya dilanjuti dengan quiz seputar kanker dan leukemia, dan ditutup dengan foto bersama.

Rangkaian 2 – C-TALKS!: Talk Show for Charity WE CARE THEM 2020

C-Talks merupakan rangkaian kedua dari project We Care Them, talk show ini dikemas melalui webinar dan juga untuk pengumpulan charity bagi anak-anak Sahabat Anak Kanker. C-Talks diadakan pada Sabtu, 21 November 2020 pada pukul 13.30 WIB, melalui platform zoom. Pembicara pada rangkaian C-Talks yaitu dr. Nana Supriana, Sp.Rad(K),Onk.Rad yang merupakan dokter dari PORI (Perhimpunan Onkologi Radiasi Indonesia), dan dipandu oleh moderator Dyah Ayu. C-Talks juga menghadirkan special performance dari Tarish Firdianti.

Acara dibuka dengan pembukaan yang dilakukan oleh MC, dan selanjutnya yaitu penyampaian materi oleh dr. Nana mengenai kanker. Berdasarkan yang disampaikan oleh dr. Nana, kanker adalah kelompok besar penyakit yang ditandai dengan pertumbuhan sel abnormal di luar batas normal yang kemudian dapat menyerang bagian tubuh yang berdampingan atau menyebar ke organ lain. Kanker yang laing sering dialami oleh pria adalah kanker paru-paru, sedangkan yang paling sering dialami oleh wanita adalah breast cancer. Faktor yang meningkatkan kemungkinan terkena kanker adalah usia, gender, kerentanan genetic, kontak dengan bahan-bahan kimia tertentu, dan virus. Pentingnya banyak makan makanan yang tinggi serat danrendah lemak, hindari makanan awetan, penyedap, dan pewarna, hindari alkohol dan tembakau, dan olahraga yang cukup. Dan penjelasan mengenai leukemia, yaitu kanker darah yang mengenai sel darah putih. Dan leukemia merupakan penyebab kematian akibat kanker no. 5 di Indonesia. Setelah itu dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh audience dengan dr. Nana secara langsung. 

Setelah penyampaian materi mengenai kanker dan leukemia oleh dr. Nana selesai, dilanjutkan dengan penampilan dari special performance yaitu Tarish yang membawakan beberapa lagu. Pada saat penampilan special performance, audience juga dapat melakukan donasi karena sudah disediakan QR Code Dana, yang dapat di scan dengan mudah. 

Rangkaian 3 – Community Service We Care Them 2020

Community service adalah sebuah rangkaian dari acara We Care Them 2020 yang diselenggarakan oleh Indonesian Future Leaders chapter Malang sebagai tempat silaturahmi antara Indonesia Future Leaders chapter Malang dan SAK (Sahabat Anak Kanker) diselenggarakan semi virtual melalui platform ZOOM dan secara langsung di Ezo Co-Working Space Malang pada tanggal 29 November 2020.

Acara yang dipandu oleh Natasya Puspa dan Aqsha Rafsanjani tersebut terdapat beberapa rangkaian kegiatan yang menarik salah satunya adalah game yang berupa video drama mengenai Elmo dan Rara yang mencari harta karun, anak-anak SAK yang terlibak menebak setiap tantangan dan pertanyaan  yang ada, hal tersebut juga bermanfaat untuk menambah wawasan anak-anak SAK.

Tidak hanya itu terdapat kegiatan yang tidak kalah menariknya pada sesi akhir acara yaitu pembagian hadiah kepada anak-anak SAK, pembagian hadiah dilakukan dengan cara undian dan setiap anak mendapatkan satu bingkisan hadiah. Dengan suksesnya rangakaian acara terakhir We Care Them 2020 ini, diharapkan mampu memberikan dukungan dan semangat terhadap sahabat anak-anak SAK dalam perjuangan mereka melawan penyakit kanker. 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Raekwon McMillan Womens Jersey