Leaders, pernah gak sih kamu merasa cemas, gelisah, atau menyadari beberapa tanda-tanda bahwa mental kamu sedang tidak dalam keadaan yang baik, tapi kamu merasa kurang nyaman untuk bilang ke orang disekitarmu. Eits, tenang! Disini, kami akan memberi tahu alternatif yang dapat menemani kamu disaat hal serupa terjadi. Sarana apa saja sih yang bisa menemani perjalanan self-healing kamu?

Non-Profit Organization that Engaged in Mental Health Care

  1. Ismile4you

#ISmile4You adalah sebuah komunitas yang mempromosikan senyum sebagai alat untuk menciptakan interaksi positif antar sesama. Tujuan dari terciptanya interaksi positif adalah untuk meningkatkan kepekaan sosial antar sesama yang diharapkan berdampak untuk mencegah peningkatan angka bunuh diri di Indonesia. Gerakan ini tercipta sejak 28 November 2016. Kamu bisa mengunjungi akun instagramnya di @ismile4you_org ya!

  1. Halo Jiwa Indonesia

Tujuan komunitas untuk melakukan sebuah gerakan promosi kesehatan mental. Karena munculnya stigma negatif pada masyarakat berawal dari ketidaktahuan tentang bagaimana menghadapi gangguan mental. Berangkat dari keresahan terhadap maraknya kasus pasung yang merupakan ujung dari stigma negatif masyarakat terhadap gangguan mental. Halo Jiwa memiliki beberapa akun sosial media yang dapat kamu singgahi ketika kamu membutuhkannya. Chin up, leaders!

FB: Halo Jiwa 

Twitter: @HaloJiwa 

IG: halojiwaindonesia 

LINE: @pnu8775t 

Google+: Halo Jiwa 

Blog: Http://Halojiwa.blogspot.com

  1. Ruang Senandika

Ruang Senandika (Instagram : ruangsenandika_) adalah organisasi yang merangkul orang-orang yang masih tidak mau berbicara. Fokus utama mereka adalah meningkatkan kesadaran tentang kesehatan mental dan menyebarkan kepositifan tubuh melalui sebuah gerakan.

  1. Save Your Mental

Save Your Mental (Instagram : saveyourmental) adalah Non-profit Organization yang berhubungan dengan Mental Health Care. Konten instagram berisi hal-hal yang berhubungan dengan Mental Health Care dan mereka support acara-acara yang berhubungan dengan Mental Health Care.

Counseling Psychology Services

  1. Ibunda.id

Ibunda.id adalah inovasi kesehatan mental berbasis teknologi yang memfasilitasi masyarakat untuk mengakses layanan kesehatan mental profesional. Menyediakan layanan kesehatan mental melalui platform digital yang mudah, aman, dan nyaman untuk segala usia. Layanan yang diberikan adalah sebagai berikut: 

  • Counseling Corner : Konseling tatap muka dengan psikolog profesional.
  • E-Counseling : Konseling secara daring melalui telepon atau chat dengan psikolog profesional.
  • Curhat : Bebas Curhat dengan peer counselor Ibunda melalui aplikasi LINE.
  • Kelas Online Ibunda : Panduan Self-help secara daring yang bisa diakses kapan dan di mana saja.

Instagram dan Youtube: Ibunda.id

2. Pijarpsikologi

Pijar Psikologi hadir sebagai sarana edukasi mengenai isu-isu kesehatan mental dan psikologi yang mudah diakses. Dengan tujuan sederhana, yakni adanya pengetahuan, maka orang akan dengan mudah menyadari. Dengan timbulnya kesadaran, maka stigma negatif mengenai permasalahan psikologis dapat dikurangi. Harapan kami, mencari bantuan psikologis bukan lagi hal yang perlu ditakuti. Layanan konsultasi ini dibantu oleh konselor dengan latar belakang psikolog atau mahasiswa magister profesi psikologi tingkat akhir dengan supervisi dari psikolog berpengalaman. Layanan konseling ini disediakan secara gratis. Cara mendaftar konsultasi dengan menghubungi line LINE Official Account @Pijar Psikologi.

Website : pijarpsikologi.org.

Instagram : pijarpsikologi

3. Ruangteras

Ruangteras adalah support group dan mental health education yang menyediakan jasa free counseling. Tenaganya terdiri dari orang-orang yang berlatar belakang psikologi.

Instagram : Ruangteras 

4. Pusat Inovasi Psikologi (PIP) Universitas Padjadjaran

BPIP merupakan wadah bagi civitas academica Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran untuk melakukan pelayanan profesi psikologi kepada masyarakat, juga merupakan tempat pendidikan bagi calon psikolog melaksanakan prakteknya dengan supervisi psikolog. Free counseling hanya untuk masyarakat yang terkena dampak pandemi Covid-19.

Instagram : pip.unpad

Podcast, Youtube and Application

  1. So Mad about Life 

So Mad about Life adalah podcast yang dibuat oleh @alvisyhrn dan @ardhimd. Konten yang dibawakan berupa episode yang membahas masalah-masalah yang terjadi keseharian kita, yang membuat kita muak dengan kehidupan kita. Tujuannya adalah membuat pendengar mendapatkan pencerahan dan menjadi sarana yang bermanfaat bagi mereka. Podcast tersedia di Spotify, RadioPublic, Pocket Casts, Overcast, Breaker, Google Podcast, Apple Podcast.

Instagram : Somadaboutlife.

  1. Menjadi Manusia

Menjadi Manusia adalah sebuah social-platform untuk mereka yang ingin berbagi & mendengar cerita-cerita tentang kehidupan dari berbagai sudut pandang, dan diharapkan mampu menjadi sebuah tangga untuk mendapatkan setitik harapan bagi mereka yang memiliki persoalan-persoalan dalam kehidupan. 

Instagram : menjadimanusia.id.

Youtube dan Spotify : menjadi manusia

  1. Satu Persen

Satu Persen adalah Startup Life-school terbesar di Indonesia. Mereka bertujuan mengajarkan bagaimana cara untuk dapat berkembang untuk mencapai kehidupan yang layak didapatkan.

Youtube : Satu Persen – Indonesian Life School.

Spotify : Satu Persen Audio Insight.

Instagram : satupersenofficial.

  1. Mindcognito

Mindcognito merupakan seuah podcast yang dibuat oleh @gieovandi dan @hanaboone. Konten yang dibawakan berupa episode yang membahas seputar mental health. Tujuannya adalah untuk membagikan kebahagiaan dan kejujuran. Tersedia di Apple podcast, Spotify, Listen Notes, Podcast Addict, castbox.fm, radio public, Pocket Casts Mindcognito

  1. Riliv

Riliv adalah layanan kesehatan mental berbasis teknologi dimana kita dapat melakukan layanan self-help dengan meditasi dan pengantar tidur serta konseling secara daring dengan psikolog profesional langsung dari ponsel.

Instagram : @riliv @rilivforcompany

  1. Calm

Calm adalah aplikasi yang bertujuan untuk bermeditasi, terutama bagi pemula. Aplikasi ini akan menyediakan serangkaian rencana yang dipandu seperti “21 Hari Tenang” yang memiliki panduan langkah demi langkah tentang cara memadukan perhatian ke dalam kehidupan sehari-hari kita. Aplikasi ini dapat diunduh bagi pengguna Android dan iOS, loh!

Gimana? Cukup membantu kan? Senang sekali rasanya bisa membantu kamu meskipun hanya memberi rekomendasi. Semoga kamu bisa melewati semua hari-hari berat ya, Leaders. Ingat, kamu gak pernah sendiri!

Categories: Our Projects

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Raekwon McMillan Womens Jersey