CONFERENCE OF YOUTH IN MOVEMENT 2019

Conference of Youth in Movement (CYIM) 2019 merupakan project perdana dari Indonesian Future Leaders (IFL) chapter Malang yang menganalisis isu yang sedang atau akan terjadi di Kota Malang juga secara global. Berangkat dari Disruption Era atau era kekacauan dimana sebuah era yang mana segala sesuatu dapat terjadi secara acak dengan adanya kemajuan teknologi dan inovasi digital. Pada satu sisi kemajuan teknologi sangat membantu manusia dalam segala bidang, namun jika dilihat dari kacamata lain era kekacauan juga dapat memicu dampak negatif dalam jangka panjang yang jika tidak dicegah dapat mengarah kepada ‘kehancuran manusia’. Sehingga tercetus tema  “Demolish The Human Apocalypse In The State of Disruption Era” Teknologi pada era kekacauan pelan-pelan mulai merubah tatanan sosial, oleh karena itu CYIM menghadirkan 3 komite dengan isu utama di bidang lingkungan, sosial politik, dan ekonomi untuk ditelaah dan didiskusikan. Pergerakan yang sangat cepat menimbulkan tantangan-tangan dan konsekuensi yang hadir. Pemuda sebagai generasi penerus bangsa dituntut untuk bergerak lebih dinamis dan menghadirkan solusi terhadap konsekuensi/resiko yang timbul.

Kegiatan CYIM 2019 terdiri dari pre-event berupa Roadshow SMA dan Social Experiments di CFD Ijen Malang. Sementara Main event terdiri dari Seminar dan Conference tanggal 20-21 April di Hotel Harris and Conventions Hall. Hari pertama (20/4) acara dihadiri 110 participants yang dimulai dengan sesi seminar berupa “Question and Challenges in Disruptive Era” oleh Muhammad Fikri dan Talkshow “Millenials in the state of Disruptive Era” dan “Digital Disruption: How Do We Survive?” oleh Andhyta Firselly Utami dan Sigit Arifianto. Setelahnya memasuki sesi hiburan dari Standup Indo Malang. Tak hanya itu, selama acara juga diisi dengan Community Showcase oleh komunitas World Merit Malang, Happiness is Sharing Malang, IAAS LC UB, dan FPCI UB serta tenant di Hotel Harris and Conventions Hall.

Sesi selanjutnya yakni Conference – Day 1 yang dibuka dengan sambutan oleh Walikota Malang yakni Bapak Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko dan dilanjuti dengan Discussion Panel Sesi I oleh Prasetyo Andy W untuk komite lingkungan, Andhyta Firselly Utami untuk komite sosial lingkungan dan Sigit Arifianto untuk komite ekonomi. Sesi II Discussion Panel diisi oleh Bapak Fahmi dari Dinas Perindustrian Kota Malang. Hari pertama ditutup dengan dokumentasi foto bersama Walikota Malang Bapak Sutiaji dan rangkaian conference dilanjuti keesokan harinya.

Pada hari ke-2 (21/4) rangkaian conference dimulai dari diskusi komite Sesi III dan Sesi IV. Hasil dari sesi IV akan dibawa pada sesi berikutnya yakni General Assembly. General Assembly terbagi menjadi 2 bagian; Policy Advocacy dan Movement Intialization. GA – Movement Initialization memiliki output berupa Dokumen Inisiasi CYIM 2019 yang memuat mengenai inisialisasi pergerakan yang akan dilakukan oleh seluruh delegates pasca terlaksananya CYIM 2019. Sementara GA – Policy Advocacy memiliki output berupa Draf Resolusi CYIM 2019 yang memuat mengenai rekomendasi kebijakan publik, dimana draf tersebut merupakan pengolahan lebih lanjut dari hasil dari Draf Resolusi setiap komite. Draf Resolusi CYIM 2019 yang telah disetujui, kemudian akan disampaikan kepada Pemerintah Kota Malang. -NFH


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Raekwon McMillan Womens Jersey