Project Collaboration adalah sebuah project dari Departemen Komunikasi dan Kerjasama IFL Chapter Malang yang bertujuan untuk mewadahi dan bersinergi dengan komunitas lain yang berada di Kota Malang. Tema yang diusung adalah Class of the Heroes dengan tagline “Get the Power, Do it Together” dan dilaksanakan pada hari Minggu, 4 November 2018 di Papa Bear 8.

Pada Project Collaboration kali ini, kegiatan berfokus untuk mengajarkan basic english dengan perkenalan vocabulary dan basic conversation dengan berkolaborasi bersama komunitas Lembar Harapan dan Dulinan. Target sasarannya adalah anak-anak Rumah Literasi Merdesa yang berasal dari Desa Dau yang berjumlah 10 anak perempuan dan 8 anak lak-laki berusia 9-14 tahun.

Kegiatan mengajar ini dikemas dalam bentuk pemberian materi di dalam ruangan oleh Lembar Harapan dan pembentukan Focus Group Discussion yang dimentori oleh IFL Chapter Malang, Lembar Harapan, dan Dulinan. Selanjutnya pembelajaran diberikan dalam bentuk games edukasi seperti permainan flash card dan games kuda bisik dalam Bahasa Inggris. Anak- anak Merdesa juga diberikan tugas individu untuk mengisi worksheet fill in the blank yang menyajikan gambar dan mengharuskan mereka menyebutkan Bahasa Inggris dari gambar tersebut untuk melatih daya ingat dari materi yang sudah diberikan. Kegiatan ditutup dengan permainan ular tangga yang mewajibkan anak-anak Rumah Literasi Merdesa untuk menyebutkan English vocabulary yang dipandu oleh komunitas Dulinan.

 

Alif Putra Raka selaku perwakilan dari Lembar Harapan menyampaikan tanggapannya mengenai kegiatan ini, “Project Collaboration merupakan salah satu kegiatan yang menarik dan kolaboratif dari IFL Malang, karena IFL Malang disini berhasil mengikutsertakan komunitas dalam kegiatannya, yang secara tidak langsung hal itu bisa membuat  suatu komunitas bisa lebih percaya diri dan dapat lebih mengeluarkan ide-idenya. Tentunya juga dapat membuat komunitas lebih dikenal masyarakat.  Tujuan Project Collaboration pun juga bermanfaat bagi sekitar. Semoga kedepannya kegiatan IFL Malang bisa lebih bagus lagi melalui program-programnya dan semakin bermanfaat baik buat komunitas maupun masyarakat sekitar”. -QPW

Categories: Our Projects

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *