Malang, 18 November 2017  –  Masa depan bangsa sangat ditentukan oleh generasi muda yang saat ini sedang tumbuh meneruskan dan melaksanakan cita- cita bangsa demi membawa perubahan ke arah lebih baik kepada Indonesia.


Menurut sumber dari website Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Kemendikbud bahwa salah satu persoalan pendidikan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia adalah masih tingginya angka putus sekolah. Menurut Pusat Data dan Statistik Pendidikan (PDSP, Kemendikbud) 2010 menunjukkan bahwa 90.263 ribu siswa SMA/SMK/MA siswa putus sekolah. Pada tahun yang sama, dari total lulusan SMP/MTs sebanyak 4,2 juta siswa, 1,2 juta siswa tidak dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang SMA/SMK/MA.

Dengan melihat keadaan tersebut, Indonesia Future Leaders (IFL) Chapter Malang yang merupakan sebuah youth-lead NGO yang bergerak dibidang sosial, pendidikan, dan lingkungan, yang beranggotakan para mahasiswa se-Malang Raya yang memiliki keinginan dan kepedulian terhadap perubahan-perubahan untuk membangun negeri ini agar menjadi lebih baik lagi kedepannya. IFL Malang kembali menggelar sebuah program yaitu, Beyond The Future (BTF) ini dilaksanakan di sebuah sekolah di Desa Sumberejo, Poncokusumo, Kabupaten Malang yang tepatnya di SMP Negeri 4 Poncokusumo dengan jumlah murid secara keseluruhan kurang dari 50 siswa. Program ini merupakan sebuah kegiatan campaign-seminar yang bertujuan untuk memberikan informasi tentang pentingnya pendidikan berkelanjutan serta meningkatkan semangat belajar.

Dalam Beyond The Future 2017 kali ini dibuka dengan fun-seminar motivasi untuk siswa – siswi dan orang tua dalam ruang serta waktu terpisah, Forum Group Discussion, Games, dan hiburan. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dari Forum OSIS Malang dan mahasiswa berprestasi di Malang yaitu Adanai Ladita dan Jimmy Chandra Gunawan, dengan sharing  yang diberikan harapnya mampu memberikan motivasi-motivasi kepada siswa-siswi SMPN 4 Poncokusumo ini betapa pentingnya untuk melanjutkan pendidikan ke sekolah menengah atas atau sederajat, mengingat adanya program dari pemerintah untuk wajib belajar 12 tahun. Beyond The Future SMP 2017 juga dihadiri oleh Eyang Wiewiek Joewono dari Sanggar Cendekia yang merupakan salah satu pemerhati perempuan yang sangat peduli terhadap pendidikan di Indonesia, beliau menututurkan kepada orang tua siswa-siswa bahwa pendidikan yang berkelanjutan akan memberikan dampak luas tidak hanya bagi masa depan keluarga juga bagi bangsa Indonesia.

Beyond The Future diharapkan mampu membuat seluruh lapisan masyarakat agar lebih peduli terhadap pendidikan di Indonesia, khususnya kota Malang. Program yang diharapkan mampu memberikan semangat serta solusi bagi para siswa agar tidak putus sekolah dan melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi. Selain itu, Beyond The Future menjembatani para siswa yang putus sekolah dengan pihak – pihak yang mampu memberikan solusi kepada merek yaitu seperti memberikan beasiswa dan hal lainnya yang menunjang pendidikan. Dengan begitu, diharapkan tujuan utama IFL dapat terwujudkan, yaitu peningkatan kualitas SDM di Indonesia.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Raekwon McMillan Womens Jersey