Hai, Leaders! Masih ingat cerita kami dari SDN Wonorejo 4 Singosari, kan? Nah kini Aku Pintar 2016 yang kedua diadakan pada tanggal 26 November 2016 lalu.Pada kesempatan ini, Aku Pintar kembali menggaet komunitas di Malang untuk diajak bekerjasama, yaitu ada Komunitas 1000 Guru dan Yayasan Indocita yangmembantu memberikan materi kepada adik-adik SDN Wonorejo 4 Singosari. Selain itu, ada hal yang berbeda pada Aku Pintar 2 ini, sesuai dengan temanya, IFL Chapter Malang mencoba memperkenalkan lebih dalam tentang Wawasan Nusantara bumi Indonesia kita ini serta materi Bahasa Inggris kepada adik-adik SDN Wonorejo 4 Singosari. Lalu, kira-kira apa aja sih kegiatan di Aku Pintar yangini?

Aku Pintar 2 ini dimulai pukul 08.30 WIB ketika seluruh adik-adik SDN Wonorejo 4 sudah berkumpul di halaman sekolah untuk mengikuti rangkaian acara pembuka oleh Master of Ceremony (MC) dan dilanjutkan dengan mengikuti rangkaian pertama yaitu games Bahasa Inggris. Dengan arahan oleh Yayasan Indocita dan juga didampingi oleh para Liasson Office (LO) dari panitia yang melengkapi setiap kelompoknya, adik-adik SDN Wonorejo 4 tersebut dibagi menjadi dua kelompok besar yaitu kelas 1, 2, 3 dan kelas 4, 5 dan 6. Materi Bahasa Inggris yang disampaikan oleh Yayasan Indocita merupakan materi dasar dan disesuaikan dengan kapasitas adik-adik SDN Wonorejo 4. Setelah selesai bermain games, selanjutnya materi Bahasa Inggris dilanjutkan di dalam kelas dengan sesi dancing dan singing untuk memperkaya vocabulary adik-adik SDN Wonorejo 4. Tidak hanya pembelajaran bahasa saja, namun penanaman karakter seperti sikap kompetitif dan berkerjasama dalam tim merupakan penanaman nilai budi pekerti yang diajarkan disetiap kontennya pada adik-adik SDN Wonorejo 4.


Setelah belajar Bahasa Inggris, rangkaian selanjutnya diteruskan dengan kegiatan mewarnai peta untuk kelas 1, 2, 3 dan menggambarkan profesi atau cita-cita yang diingikan untuk kelas 4, 5, 6. Kegiatan keterampilan ini bertujuan untuk membantu adik-adik SDN Wonorejo 4 dalam mengembangkan ide dan mengasah kreativitas mereka sehingga dapat memotivasi impian mereka di masa depan. Lalu dilanjutkan dengan pemberian materi Wawasan Nusantara yaitu berupa pengenalan Peta dan Budaya Indonesia dari Komunitas 1000 Guru. Antusiasme dan respon adik-adik SDN Wonorejo 4 yang sangat tinggi saat pemberian materi menambah semangat kakak-kakak pengajar dalam menyampaikan materi secara jelas. Setelah pemberian materi tersebut selesai, diteruskan dengan pembacaan dongeng untuk kelas 1, 2, dan 3 oleh kakak LO, dan pembacaan buku inspiratif tentang tokoh dan dunia untuk kelas 4, 5, dan 6.


Menuju pada rangkaian akhir acara, setelah seluruh materi telah tersampaikan, acara dilanjutkan dengan pemberian hadiah kepada adik-adik yang mengerjakan karya keterampilannya dengan baik sebagai bentuk motivasi adik-adik SDN Wonorejo 4 untuk terus berkarya, berkreasi dan meraih prestasi belajarnya agar lebih meningkat. Kemudian acara dilanjutkan dengan makan siang bersama dan pemberian kesan-kesan dari adik-adik SDN Wonorejo 4 tentang Aku Pintar 2 yang telah diselenggarakan. Setelah itu acara ditutup dengan membagikan bingkisan kepada seluruh adik-adik SDN Wonorejo 4.


Itulah rangkaian lengkap dari program Aku Pintar 2 dengan penuh semangat dan keceriaan dari kakak-kakak panitia, komunitas, maupun adik-adik SDN Wonorejo 4. Nantikan rangkaian Aku Pintar lainnya yaa Leaders! (RMR, SFS)
“Kalau mereka tidak berakar pada tradisi mereka sendiri, mereka tak mampu menghargai kebudayaan orang lain.” – Barrack Obama


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Raekwon McMillan Womens Jersey