Malang, Sabtu12 November 2016 – Pendidikan merupakan hal yang fundamental dalam kehidupan manusia. Tanpa pendidikan yang maksimal, maka seseorang akan kesulitan mengejar cita-citanya. Selain itu, kemajuan suatu bangsa pun dapat dinilai dari bagaimana sistem pelaksanaan pendidikan terhadap rakyatnya. 

 

Untuk membantu menyukseskan pendidikan di Indonesia dan juga mewujudkan mimpi adik-adik bangsa, Indonesian Future Leaders Chapter Malang yang merupakan LSM kepemudaan yang bergerak dibidang sosial, pendidikan dan kepemudaan, baru saja mengadakan program “Beyond The Future 2016” pada 12 November 2016 lalu. Dengan bertajuk “Step Up Your Dream”, program ini diharapkan dapat memotivasi adik-adik SMPN 3 Karangploso Satu Atap sehingga dapat meningkatkan semangat diri untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya yakni bangku SMA.
 

Menurut Wiennoto, Kepala Sekolah SMPN 3 Karangploso Satu Atap, tingkat keberlanjutan siswanya ke tingkat SMA pada tahun 2014/2015 hanya 35% dan pada 2015/2016 meningkat menjadi 50%, sehingga kehadiran program Beyond The Future disambut dan didukung baik oleh pihak sekolah. “Sangat dibutuhkan untuk meningkatkan semangat anak-anak di desa, dengan harapan dapat memberikan pengaruh agar mereka memiliki keinginan untuk melanjutkan ke tingkat SMA”, ujar Wiennoto.
Program yang ditujukan untuk siswa kelas 7, 8 dan 9 dengan total siswa hanya 47 siswa ini diawali dengan senam yang dipimpin oleh anggota IFL Malang. Lalu diisi dengan ‘Forum Group Discussion’ bersama komunitas Dulur Never End, untuk menumbuhkan minat dan motivasi diri siswa melalui pemutaran video motivasi perjuangan seorang ibu untuk menyekolahkan anaknya. Serta turut mengundang UKM Sanggar Minat (Samin) dari Universitas Negeri Malang yang memberikan edukasi pembuatan life mapping agar siswa dapat menggambarkan perjalanan dan cita-cita yang mereka inginkan dalam kurun waktu 5 tahun mendatang. Kemudian diskusi ini dilanjutkan dengan menghadirkan Kepala Desa setempat serta mahasiswa berprestasi dari Universitas Brawijaya, Abdul Razak dan Lutfiya Al-Qarani sebagai contoh teladan kepada adik-adik di sekolah tersebut. Dimana mereka berbagi pengalamanmotivasi diri dan bagaimana mereka merencanakan masa depan untuk meraih cita-citanya. 
 
Disamping itu, suasana pun diramaikan oleh penampilan seni Karawitan oleh siswa-siswi SMK Al-Firdaus, sebagai salah satu penggambaran kegiatan ekstrakurikuler yang terdapat di dalam SMA kelak. Disamping memberikan gambaran tentang ekstrakulikuler, kehadiran ketua OSIS dan MPK dari SMA 1 Singosari yang mampu memvisualisasikan kegiatan apa saja yang dilakukan oleh OSIS dan MPK serta fungsinya dalam internal sekolah tersebut. Tidak lupa, turut hadir perwakilan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, Muhammad Tohir, untuk memberikan sambutan di hadapan para siswa.
  
Tidak hanya memberikan motivasi dan edukasi semata kepada siswa, IFL Malang juga melakukan diskusi mengenai pentingnya pendidikan lanjut kepada wali murid SMPN 3 Karangploso Satu Atap dan juga sosialisasi sekolah gratis atau beasiswa dari SMK Al-Firdaus agar dampak yang ditimbulkan dapat lebih terasa pada pihak orang tua. Dengan membangun semangat berpendidikan tinggi, diharapkan adik-adik ini kelak dapat terpacu semangatnya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang SMA sehingga mereka dapat mewujudkan cita-cita dan meraih masa depan cerah demi kemajuan bangsa Indonesia. (Rdn)
 
We cannot teach people anything, we can only help them discover it within themselves. 
– Galileo Galilei

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Raekwon McMillan Womens Jersey