Malang, Jawa Timur, 16 April 2016 – 

Berakhirnya satu tahun kepengurusan IFL Chapter Malang ditandai dengan berlangsungnya program kegiatan trakhir yang dimiliki oleh IFL Chapter Malang pada tahun ini yaitu Festival Sahabat IFL dengan tema yang diusung adalah Ngalam Youthphoria “Retrospective Our Local Heroes”. Melalui Ngalam Youthphoria diharapkan dapat membantu para pemuda untuk meningkatkan potensi dan kreativitas pemuda dan yang tidak luput dari terselenggaranya acara ini yaitu para pemuda Kota Malang dapat membangun relasai dengan pemuda lainnya untuk memberikan kontribusi dalam berbagai bentuk terhadap Kota Malang. Kegiatan ini bertujuan untuk menyatukan komunitas – komunitas dari berbagai bidang di Kota Malang serta menjadi wadah bagi para pemuda untuk mengembangkan diri. Terdapat 2 rangkaian acara dalam program kegiatan Festival Sahabat IFL ini, yang dimana acara Speakinspire! menjadi acara pertama dalam rentetan kegiatan acara.

Speakinspire! yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 9 April 2016, merupakan rangkaian dari acara utama Ngalam Youthphoria yang menghadirkan 3 tokoh pemuda inspiratif yaitu Nadya Natasha (Miss Cuba Indonesia 2015), Ade Ayu Firiska (Public Relation Save Street Child Malang), dan Aji Prasetyo (Komikus Teroris Visual) dengan mengakat topic besar Find Your Passion, Community as Youth Creativity, dan Kita Arek Ngalam. Speakinspire! adalah gelar wicara yang bertujuan untuk menstimulus anak muda dalam mengenali personal passionnya untuk bertkontribusi terhadap masyarakat melalui komunitas dilingkungannya.
(dok. Deksi)

Speakinspire! mendapatkan antusias yang besar oleh komunitas – komunitas di Malang dan para pemuda yang menjadi peserta acara ini. Acara ini berhasil memberikan sentuhan yang berbeda dari seminar pada umumnya, dimana penyampaian materi dilakukan dengan penuh keakraban. Beberapa games seru menjadi penghibur para pemateri dan peserta yang datang. Kemudian, pembahasan terkait bagaimana peranan pemuda dan passion menjadi topic yang paling menarik. Diskusi interaktif berlangsung dengan santai dan memberikan inspirasi satu sama lain. Speakinpire!memaparkan bahwa dengan passion seorang pemuda akan dapat total dalam berkontribusi untuk kemajuan masyarakat dan lingkungan sekitar. 


(dok. Deksi)

Rangkaian kegiatan acara selanjutnya adalah Ngalam Youthphoria “Retrospective Our Local Heroes”. Diselenggarakan pada 16 April 2016, yang bertempat di Lapangan Parkir Stadion Gajayana Malang, yang merupakan acara utama dalam program kegiatan acara ini. Acara ini merupakan festival community expo yang diselenggarakan oleh IFL Chapter Malang dan pertama yang ada di Kota Malang. Dalam kegiatan acara ini IFL Chapter Malang menyediakan booth bagi komunitas – komunitas untuk memperkenalkan komunitas mereka. Terdapat dari 40 lebih komunitas di Malang yang hadir untuk saling berkolaborasi dan meramakan acara ini, berbagai komunitas yang turut meramaikan acara ini, mulai dari komunitas seni, lifestyle, sosial, pendidikan, lingkungan, dan otomotif. Tidak hanya itu saja dalam acara ini IFL Chapter Malang juga mewadahi booth untuk makanan, minuman, dan fashion yang terdiri dari usaha start-up para pemuda di kota Malang.


(dok. Deksi)

Ngalam Youthphoria  semakin meriah dengan adanya 90s games center, yang dimana bertujuan untuk merekatkan para pengunjung dan komunitas – komunitas yang ada. Tidak hanya itu komunitas yang ada di Kota Malang diajak untuk menampilkan kemampuan yang dimiliki komunitasnya melalui community performance, yang dimeriahkan oleh penampilan dari komunitas Indonesia Finger Style, Kroncong Malang Utara, Soundcloud Malang, Okarinesia, dan Malam Puisi Malang. Dan yang terakhir yaitu charity concert yang menjadi puncak acara dari kegiatan acara Ngalam Youthphoria. Charity concert ini menampilkan band – band indie di Kota Malang seperti Young Savages, Larynx, Chamomile, dan Teni Flopi. Sesuai dengan tagline dari acara ini yaitu “Retrospective Our Local Heroes” tiket yang terjual nantinya akan didonasikan kepada para veteran perang yang berada di Kota Malang dan sekitarnya, yang dimana IFL Chapter Malang juga bekerjasama dengan Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) untuk memberikan dorongan semangat tentang bagaimana pemuda jaman sekarang berjuang untuk masyarakat sekarang dengan komunitas/organisasinya masing – masing sesuai dengan passionnya.

(dok. Deksi)


Dengan berakhirnya rangkaian acara Ngalam Youthphoria diharapkan dapat memberikan dampak yang positif bagi para pemuda dan masyarakat khususnya Kota Malang. Dan juga komunitas-komunitas yang ada di Kota Malang dapat bersinergi dan berkolaborasi untuk meningkatkan potensi dan kekreativitas para pemuda Kota Malang. Seperti yang ungkapkan oleh Ketua Pelaksana Ngalam Youthphoria bahwa Harapannya agar masyarakat Kota Malang lebih mengenal lebih dekat lagi dengan komunitas-komunitas yang ada di Malang dan bisa menjadi wadah bagi passion atau hobi mereka untuk bisa saling kumpul dan berkolaborasi bersama. Ujar Ahmad Bobansyah. Nantinya diharapkan dengan berlangsungnya kegiatan acara ini komunitas yang ada di Kota Malang tidak lagi saling bersikut-sikutan melainkan saling bersinergi demi pembangunan Kota Malang. Sesuai dengan apa yang ada dalam Visi IFL Chapter Malang yaitu menjadikan generasi muda Indonesia generasi yang kompeten pada bidang yang ditekuninya, dapat membawa perubahan positif dan menjadi inspirasi bagi lingkungannya.

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Raekwon McMillan Womens Jersey