(dok.DeKSI)

Malang, Indonesia, 27 Februari 2016 — Seorang calon pemimpin dituntut untuk kreatif dan tanggap terhadap isu-isu sosial kemasyarakatan. Calon pemimpin juga harus mampu memberikan kontribusi nyata terhadap sekitarnya. Salah satunya yang dilakukan oleh Indonesian Future Leaders (IFL) Chapter Malang. IFL Chapter Malang adalah sebuah youth-lead NGO yang bergerak di bidang sosial, pendidikan dan komunitas. IFL Chapter Malang beranggotakan para mahasiswa se-Malang Raya yang memiliki keinginan dan perubahan untuk membangun negeri ini agar menjadi lebih baik lagi kedepannya. Salah satu program kerjanya adalah Beyond The Future SMP yaitu merupakan kegiatan motivasi untuk siswa/i SMP agar melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. 

Kegiatan ini dilaksanakan di sebuah sekolah di Desa Bendosari, Pujon, Kabupaten Malang. SMP Negeri 4 Pujon dengan murid kelas tiga yang berjumlah kurang lebih 30 siswa.. Kegiatan berisi seminar motivasi, workshop, dan forum group discussion yang dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, Murid Sekolah Sepak Bola AREMA, Komunitas Turu Kene, dan Komunitas Taman Langit yang bergerak dibidang seni tetapi tetap memprioritaskan pendidikan. Teman-teman fasilitator disini berperan untuk mengajak adik-adik SMP 4 Pujon untuk tetap menjalankan pendidikannya ke SMA apapun cita-cita mereka, karena tuntutan 12 tahun pendidikan juga di Indonesia.  

Teman-teman dari Sekolah Sepak Bola AREMA membagi pengalaman mereka saat menjalani pendidikan formal sambil menjalani sekolah sepak bola, agar dapat menanamkan kepada semua siswa SMP 4 Pujon, bahwa untuk menjadi pemain bola pun harus tetap mengikuti pendidikan formal.

(dok.DeKSI)


Tidak hanya itu, dalam kegiatan ini juga dilatih jiwa entrepreneur mereka melalui workshop yang edukatif. Komunitas Turu Kene mengajarkan cara menyablon pakaian dengan cara tradisional yaitu mencukil papan dan mengecap dengan tinta, sedangkan, Komunitas Taman Langit mengajarkan cara membuat gelang dari benang wool, melukis botol, dan merangkai manik-manik. Tujuannya adalah untuk memberikan mereka pencerahan bahwa dengan mengikuti pendidikan di SMA tidak akan menghalangi mereka untuk mencari uang jajan tambahan dengan membuat dan menjual kerajinan tangan.

(dok.DeKSI)
Kegiatan ini juga tidak hanya sekedar memberikan penyuluhan motivasi, tetapi IFL Chapter Malang juga mengadakan charity campaign melalui kitabisa.com dan bekerjasama dengan salah satu startup business di kota Malang yaitu Solecase. Pada tanggal 22-23 Februari 2016. Pada kedua hari tersebut, uang pembayaran dari semua customer yang membersihkan sepatu mereka di Solecase akan disumbangkan 100% kepada Beyond the Future SMP 2016 untuk membelikan fasilitas sekolah yang layak untuk murid SMP Negeri 4 Pujon.

(Sfatika)
Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Raekwon McMillan Womens Jersey