Malang, Jawa Timur, 10 Maret 2016 – Seorang pemuda yang berpendidikan dituntut menjadi agent of change dalam kehidupan sosialnya. Selain hanya menuntut Ilmu, pemuda juga harus dapat memberikan kontribusi sosial dan mengimplementasikannya kepada masyarakat. Pemuda harus kreatif, inovatif, dan aktif dalam kehidupannya. Salah satunya adalah Indonesian Future Leaders (IFL) chapter Malang yang merupakan organisasi sosial dengan basis pemuda. IFL Chapter Malang merupakan youth-lead NGO dan organisasi nirlaba yang bergerak di bidang sosial, pendidikan dan komunitas. IFL Chapter Malang beranggotakan oleh para mahasiswa regional Malang Raya yang memiliki jiwa empathy tinggi dan berkeinginan untuk menjadi motorik dalam pembangungan di negeri ini agar menjadi lebih baik di masa depannya. Hal ini diimplementasikan dalam salah satu program kerja IFL Chapter Malang yang fokus pada pendidikan.

Pendidikan adalah tujuan pembangungan yang mendasar. Pendidikan bersifat esensial bagi kehidupan manusia dan kesejahteraan negara. Karena kesejahteraan suatu negara dapat dilihat dari fasilitas dan sistem pendidikan yang baik. Pendidikan tidak melihat usia, status, dan juga kondisi jasmani seseorang. Semua orang dapat memperoleh manfaat pendidikan, hanya dengan membaca, berkomunikasi, berpendapat, dan menetapkan pilihan dengan pengetahunan yang lebih baik. Beyond The Future SMA Visit University ini merupakan kegiatan motivasi untuk siswa/i SMA yang berkebutuhan khusus agar melanjutkan pendidikan ke tingkat perguruan tinggi.

Kegiatan ini dilaksanakan di Universitas Brawijaya, kota Malang. Universitas Brawijaya merupakan salah satu universitas yang memberikan fasilitas khusus bagi penyandang difabel dalam melaksanakan studinya. Dengan dibantu oleh (FORMAPI) Forum Mahasiswa Peduli Inklusif, PSLD (Pusat Studi Layanan Disabilitas), IKOMA (Ikatan Komite Mahasiswa), Meuthya Ranthy dan Arief 1leg. Indonesian Future Leaders yang berkerjasama dengan FORMAPI mengadakan kegiatan Beyond The Future SMA Visit University yang bertempat di Hall Gedung Balai Senat LT.1 Universitas Brawijaya, Malang. Kegiatan ini dihadiri oleh siswa/i dari SMA-LB Putra Jaya, SMA-LB B Yayasan Pendidikan Tunas Bangsa dan juga SMA-LB Pembina Tingkat Nasional. Siswa/i tersebut didampingi oleh orang tua dan guru yang bersangkutan.

Tema yang diusung dalam acara ini yaitu “Masterpiece Your Dream”. Ketertarikan tema ini dilatarbelakangi karena mimpi atau cita-cita yang dimiliki setiap anak merupakan keunikan yang harus diperjuangkan agar dapat terwujud.  Kegiatan ini diisi oleh beberapa speaker yaitu dari pihak PSLD yang menyampaikan terkait program khusus penyandang disabilitas yang ada di  Universitas Brawijaya Malang, kemudian pihak IKOMA yang menyampaikan motivasi keepada orangtua murid untuk dapat terus mendukung anaknya dalam melanjutkan pendidikan yang tinggi ditengah keterbaatasan mereka, kemudian Meuthya Ranthy yang menyampaikan motivasi kepada seluruh siswa/I yang hadir untuk dapat terus melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi dan menjelaskan bahwa penyandang disabilitas juga dapat berorganisasi dan berprestasi sama seperti mahasiswa pada umumnya dan kemudian pihak FORMAPI yang diwakili oleh Rara dan Husin yang merupakan penyandang disabilitas memberikan pengalamannya selama kuliah sampai mereka berprestasi diberbagai bidang dan juga menampilkan berbagai karya karya indah ciptaan penyandang disabilitas.

Adapun juga hiburan yang ditampilkan dalam acara ini yaitu breakdance oleh Arief 1 leg, dan setelah itu yang terakhir dalam rangkaian acara ini adalah pelepasan balon ke udara. Dimana balon tersebut ditempelkan oleh kertas notes yang sebelumnya telah dituliskan harapan dari siswa/i sebelumnya.

(RaymondEP)
Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Raekwon McMillan Womens Jersey