(dok.DeKSI)
Hari AIDS sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Desember diperingati untuk menumbuhkan kesadaran terhadap wabah AIDS di seluruh dunia yang disebabkan oleh penyebaran virus HIV. Konsep ini digagas pada pertemuan Menteri Kesehatan sedunia mengenai Program – program untuk pencegahan AIDS pada tahun 1988. Sejak saat itu, mulai diperingati oleh pihak pemerintah, organisasi internasional dan yayasan amal di seluruh dunia. Dengan demikian IFL Chapter Malang sebagai sebuah organisasi yang bergerak pada bidang sosial, pendidikan, dan kepemudaan maka diwujudkan sebuah program dengan harapan ODHA (Orang dengan HIV/AIDS) dan Non ODHA dapat hidup berdampingan di dalam kehidupan. Kegiatan ini kemudian terlaksana dengan terciptanya Close The Gap.

Close The Gap adalah program yang bertujuan untuk memberikan informasi pendidikan seputar HIV/AIDS terkait cara penularan dan cara pencegahannya. Selain itu juga memberikan pengalaman serta  informasi dari permasalahan yang telah sering terjadi di lingkungan sekitar antara ODHA dengan Non ODHA dan bagaimana mereka menyelesaikannya dengan cara pendekatan ODHA itu sendiri. Program ini diadopsi dari isu yang di angkat PBB MDG’s (Millenium Development Goals) yang berisi 8 poin, dimana salah satu isi poinnya adalah menyoroti penularan dan pencegahan HIV/AIDS sebagai wujud pengabdian IFL Chapter Malang kepada masyarakat Malang khususnya. Dengan tema “Menghilangkan gap (jarak) antara ODHA dengan Non ODHA”. Ketertarikan dengan tema ini dilatarbelakangi karena banyak masalah sosial dan kehidupan di Indonesia yang belum terselesaikan.

Dalam mewujudkan program acara Close The Gap terdapat 3 rentetan rangkaian acara dan campaign penggalangan donasi untuk para ODHA yang bekerjasama dengan SEVENTY RAZORS, yang dilaksanakan mulai tanggal 26 November 2015 hingga 5 Desember 2015. Sebelum memulai rangkaian kegiatan pertama adapun kegiatan campaign, panitia Close The Gap bekerjasama dengan SEVENTY RAZORSyang merupakan salah satu Barbershop yang ada di Kota Malang, untuk melaksanakan kegiatan campaign “Are You Gentle Enough?” yang dilaksanakan pada tanggal 26 – 27 November 2015. Kegiatan ini dimaksudkan setiap orang yang memotong rambut di seventy razors, sama saja mereka berdonasi untuk ODHA. Uang yang akan terkumpul pada kegiatan campaign ini akan didonasikan kepada ODHA melalui LSM Sadar Hati.

Kegiatan pertama yaitu Find The Gap: Let’s Respect & Protectyang dilaksanakan pada tanggal 29 November 2015 di Laughboraturium Cafe, Jln. Jakarta No.34, Kota Malang. Find The Gap merupakan sebuah rangkaian acara pertama yang berisi tentang penyuluhan dalam bentuk seminar yang seru mengenai fun fact terkait HIV/AIDS, setelah itu ada pengaplikasian dari fun seminar melalui games. Kegiatan ini bertujuan untuk menyebarluaskan informasi seputar HIV/AIDS dan penularannya kepada peserta (audience). Acara ini dihadiri oleh komunitas – komunitas yang ada di Kota Malang. Seminar penyuluhan ini diisi oleh LSM Sadar Hati dan Rifandy Syahputra Co-Founder Seventy Razors sebagai pemateri dalam acara penyuluhan ini.

Kegiatan kedua dilaksanakan pada tanggal 1 Desember 2015 yang bertepatan pada hari AIDS sedunia. Kegiatan tersebut yaitu “World Aids Day: Love Spreading”. Sebuah bentuk perayaan Hari HIV/AIDS sedunia yang dilaksanakan dibeberapa titik keramaian Kota Malang. Kegiatan ini dilaksanakan di Alun – Alun Kota Malang dengan kegiatan acara berupa pembagian bunga dan penggalangan donasi untuk ODHA oleh anggota IFL Chapter Malang yang dibantu oleh komunitas Move Malang.

Kegiatan ketiga yang merupakan puncak acara dari program Close The Gap dengan tagline “Close The Gap: Stop Decrying, Start Preventing”, yang dilaksanakan pada 5 Desember 2015 bertempat di Laughboraturium Cafe, Jln. Jakarta No.34, Kota Malang. Acara ini diisi dengan berbagai rangkaian acara, mulai dari talkshow dengan LSM Sadar Hati dan KPA Kota Malang, dan juga hiburan dan penampilan seru dari performance jimbe Sadar Hati, hingga penampilan dua guest stars kita yaitu Christabel Annora dan Wake Up Iris. Tidak lupa juga kehadiran dari AKBP Henry Budiman selaku Ketua BNN Kota Malang untuk memberikan kata sambutan pada acara ini.

Sambutan dari BNN Kota Malang (dok. DeKSI)


Penampilan dari jimbe Sadar Hati (dok.DeKSI)


Penampilan dari Christabel Annora (dok.DeKSI)


Penampilan dari Wake Up, Iris! (dok. DeKSI)


Talk Show bersama KPA Kota Malang dan LSM Sadar Hati (dok. DeKSI)


Dengan berakhirnya rangkaian acara Close The Gap diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap pemuda dan masyarakat khususnya Kota Malang. Selain sebagai memperingati hari HIV/AIDS sedunia, diharapkan lebih dapat memahami tentang apa itu HIV/AIDS dan kehidupan para ODHA, sehingga kedepanya tidak ada lagi stigma negatif dari masyarakat terhadap para ODHA dan masyarakat Non ODHA dan ODHA dapat hidup berdampingan tanpa adanya jarak (gap) diantara mereka.

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Raekwon McMillan Womens Jersey