Halo, Leaders! Masih ngikutin kan cerita IFL Malang di Desa Ngadas? Tanggal 19 September kemarin, Aku Pintar diadakan untuk ketiga kalinya. Pada kali ini, tim Aku Pintar bekerja sama dengan komunitas 1000 Guru dan Earth Hour Malang untuk memberikan edukasi ke adik-adik di SD Ngadas 02. Kalo Aku Pintar kedua kemarin bertemakan ‘Indonesia is Me’, terus, apa sih tema Aku Pintar yang ketiga ini? Tema kali ini adalah ‘Recycle’! Yuk, langsung aja deh kita ceritain kegiatannya.

Pada pertemuan ketiga ini, adik-adik SD Ngadas 02 sudah merasa familiar dengan tim Aku Pintar, jadi selama kegiatan pun kita merasa akrab. Sama seperti pertemuan sebelumnya, adik-adik dibagi menjadi tiga kelompok besar, yaitu kelas 1 dengan kelas 2, kelas 3 dengan kelas 4, dan kelas 5 dengan kelas 6 untuk mendapatkan materi Bahasa Inggris. Berselang waktu sebulan, adik-adik SD Ngadas 02 menunjukkan kemajuan yang memuaskan lho, Leaders! Adik-adik ini tidak melupakan apa yang telah diajarkan pada pertemuan sebelumnya. Jadi gak sabar pingin tahu bagaimana progress mereka di pertemuan selanjutnya!

(dok.DeKSI)
Setelah materi Bahasa Inggris, adik-adik SD Ngadas 02 mendapatkan pelajaran nih, Leaders, tentang bagaimana cara melindungi bumi kita tercinta ini. Mulai dari jangan membuang sampah sembarangan, kurangi pemakaian bahan-bahan anorganik, dan memanfaatkan sampah-sampah yang bisa didaur ulang. Adik-adik SD Ngadas 02 pun mendengarkan dengan serius, karena siapa sih yang mau tinggal di dunia yang penuh sampah? Nah, setelah penyampaian materi, mereka diajak untuk membuat pigura foto yang terbuat dari kardus yang bisa dihias dari bahan-bahan seperti daun-daunan dan tutup botol bekas. Adik-adik mengerjakan prakarya ini dengan antusias dan semangat. Pigura foto daur ulang ini dapat dibawa pulang oleh mereka dan digunakan sebagai pajangan di rumah. Jangan lupa masukkan foto favorit kalian ke dalamnya ya, dik!

     
(dok.DeKSI)
 
Ini dia beberapa hasil karya adik-adik SD Ngadas 02 dalam membuat pigura foto daur ulang!
(dok.DeKSI)





(dok.DeKSI)
Selesai membuat pigura foto daur ulang, adik-adik SD Ngadas 02 diajak untuk menghias tempat sampah yang terbuat dari tong, yang nantinya dijadikan inventori sekolah. Tong sampah ini akan digunakan untuk membedakan pembuangan sampah antara sampah basah dan sampah kering. Disini, tiga kelompok besar yang sudah dibagi di awal kegiatan diberikan cat dalam berbagai warna untuk menghias tong tersebut. Tentunya, tim Aku Pintar tidak hentinya mengingatkan adik-adik ini untuk berhati-hati, jangan sampai cat tersebut mengotori baju maupun lantai sekolah mereka. Waduh, setelah mengikuti berbagai kegiatan begitu, pastinya lapar, dong? Sekaligus menjadi penutup kegiatan pada hari itu, adik-adik SD Ngadas 02 diajak makan siang bersama dengan kakak-kakak tim Aku Pintar sambil mengobrol dan cerita-cerita. Tawa pun menghiasi ruangan kelas SD Ngadas 02. Wah, gimana ya pertemuan-pertemuan selanjutnya dengan adik-adik ini? Kalau kamu juga penasaran dan gak sabar pingin tau, pantau terus blog kami ya, Leaders!

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Raekwon McMillan Womens Jersey