Malang, Indonesia, 26 Juni 2015 — Seorang calon pemimpin dituntut untuk kreatif dan tanggap terhadap isu-isu sosial kemasyarakatan. Calon pemimpin juga harus mampu memberikan kontribusi nyata terhadap sekitarnya. Salah satunya yang dilakukan oleh Indonesian Future Leaders (IFL) Chapter Malang. IFL Chapter Malang adalah sebuah youth-lead NGO yang bergerak di bidang sosial, pendidikan dan komunitas. IFL Chapter Malang beranggotakan para mahasiswa se-Malang Raya yang memiliki keinginan dan perubahan untuk membangun negeri ini agar menjadi lebih baik lagi kedepannya. Salah satu program kerja nya adalah We Care Them yaitu merupakan kegiatan sosial dalam membantu saudara-saudara kita yang kekurangan dan memiliki keterbatasan.
Mendengarkan dongeng dari kak Elis dan kak Meuthia
(dok.DeKSI)
Kegiatan ini dilaksanakan di sebuah yayasan penyandang anak-anak disabilitas di Malang yaitu YPAC Bhakti Luhur pada 26 Juni 2015. Kegiatan berisi seminar dan penyuluhan berbentuk pertunjukan boneka tangan agar lebih menarik karena target audience adalah anak-anak YPAC Bhakti Luhur yang berusia 5-12 tahun. Kegiatan diikuti setidaknya sekitar 50 anak-anak disabilitas.

Tidak hanya itu, dalam kegiatan ini juga dilatih jiwa kepemimpinan dan kerjasama mereka melalui permainan yang edukatif. Para fasilitator membantu mengasah skill mereka melalui berbagai kegiatan antara lain : menggambar dan mewarnai. Pada sesi ini anak-anak YPAC melukis di atas binder dan menggambar dengan spidol. Mereka bahkan sangat antusias. Beberapa diantaranya kedapatan tiba-tiba mengambil microphone dan bernyanyi. Tak pelak tawa pun bergemuruh di aula YPAC.
Acara ini juga didukung oleh beberapa komunitas di Malang yang ikut berpartisipasi dalam menyelenggarakan pertunjukan boneka tangan dan juga akan ada pertunjukan bakat dari anak-anak YPAC Bhakti Luhur. Selain itu juga menghadirkan mahasiswa penyandang disabilitas. Hal ini untuk membangun motivasi anak-anak di YPAC agar mereka lebih semangat dalam hidup dan terus berkreasi.
Hadiah untuk Juara 1! (dok.DeKSI)
Reu Emirdhani Utama selaku Public Relations IFL Chapter Malang berharap agar dapat membantu dan memberikan motivasi, dukungan,dan juga semangat untuk saudara-saudara kita yang kekurangan dan memiliki keterbatasan. “Kegiatan ini tidak hanya sekedar memberikan penyuluhan kepada anak-anak asuh YPAC Bhakti Luhur tetapi kami juga melakukan bakti sosial kepada mereka melalui dana dan bantuan yang telah dikumpulkan oleh panitia dari charity yang telah kita lakukan”, ujarnya.

(Adh & Ren)

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Raekwon McMillan Womens Jersey