Malang, Indonesia, 2-3 Mei 2015 — Halo, Future Leaders! Apa kabar? Beberapa waktu lalu IFL Chapter Malang mengadakan acara Malam Keakraban dalam rangka mempertemukan seluruh anggota Indonesian Future Leaders Chapter Malang 2015/2016, yang dihadiri oleh Direktur Eksekutif, direktur masing-masing departemen, serta manajer dan staf. Setelah melewati proses dan tahapan seleksi dalam open recruitment pada tanggal 6-10 April (untuk manajer), 10-14 April (untuk staf batch 1), dan 20-23 April (untuk staf batch 2), para manajer dan staf terpilih mengikuti serangkaian kegiatan perkenalan tentang organisasi dan program IFL Chapter Malang di Villa Basanova, Batu.

Oh iya, sebelum lanjut lebih jauh mengenai acara malam keakraban kami, yuk, kita kenali dulu jajaran direksi IFL Malang 2015/2016!

Pada akhir bulan Maret 2015 lalu, kepengurusan Indonesian Future Leaders Chapter Malang 2014/2015 melakukan serah jabatan kepada kepengurusan 2015/2016. Sehingga, tepatnya pada tanggal 28 Maret 2015, kepengurusan IFL Chapter Malang 2015/2016 resmi berlaku.


Hari Pertama, 2 Mei 2015.

Pada hari pertama, para peserta berkumpul di Gazebo FK Universitas Brawijaya pada pukul 9 pagi. Sebelum berangkat ke villa tempat menginap, para peserta dibagi ke dalam 7 kelompok kecil untuk mengikuti kegiatan Amazing Race, yang bertujuan untuk membuat peserta satu dengan peserta lainnya saling mengenal dan mengakrabkan diri. Berikut misi-misi yang harus dilaksanakan saat Amazing Race:

1. Melakukan wawancara dan berfoto bersama dengan 3 orang pekerja dari bidang yang berbeda.
2. Membeli sembako seharga maksimal Rp 50,000 kemudian memberikannya kepada orang di sekitar yang membutuhkan.
3. Makan siang bersama anggota kelompok, sambil mengobrol lebih dalam mengenai diri mereka masing-masing.
4. Finish point dari kegiatan Amazing Race ini adalah di Alun-Alun kota Batu pada pukul 12 siang. Disini, para peserta diminta untuk menampilkan jargon dari yel-yel dari masing-masing kelompok. Ada yang masih ingat yel-yel dan jargon kelompoknya?

Memasuki sore hari, kegiatan dilanjutkan dengan pengisian materi dan sosialisasi mengenai IFL Chapter Malang serta proyek dan programnya  oleh Direktur Eksekutif IFL Chapter Malang yaitu Alfath Utomo. Materi yang disampaikan kepada para peserta makrab berupa sejarah terbentuknya IFL Chapter Malang, visi misinya, serta relasi dan perbedaannya dengan IFL pusat. Pengisian materi juga dilakukan oleh Direktur dari masing-masing divisi guna menjelaskan tujuan, pokok dan fungsi (tupoksi) kepada para staff terkait.

Materi tentang IFL oleh Direktur Eksekutif, Alfath Utomo. (dok.DeKSI)

Udara kota Batu yang dingin tidak mengalahkan semangat peserta makrab untuk melanjutkan kegiatan di hari pertama. Kegiatan dilanjutkan dengan grup diskusi dan simulasi proyek dan program oleh staff divisi. Dalam kegiatan kali ini, para staff dan para manajer melakukan kegiatan di tempat terpisah. Nantinya para staff ditugaskan untuk mempresentasikan hasil diskusi dari masing-masing grup yang sudah dibentuk sebelumnya. Sedangkan para manajer diminta untuk merancang suatu program, lengkap dengan latar belakang, sasaran, dan impact yang diharapkan sampai kepada masyarakat.


Diskusi dan simulasi proyek dan program oleh staff. (dok.DeKSI)
Para manajer sedang membuat rancangan proyek baru. (dok.DeKSI)

Kegiatan makrab hari pertama ditutup dengan pengenalan dari founder IFL Chapter Malang yang mengenalkan dan mempresentasikan sejarah terbentuknya IFL Chapter Malang secara lebih mendalam. Malam hampir larut saat kegiatan ini berakhir, membuat para peserta makrab harus rela mengistirahatkan tubuhnya agar bugar keesokan harinya.

Hari Kedua, 3 Mei 2015.

Hari kedua makrab dilanjutkan dengan serangkaian kegiatan yang membuat para peserta semakin mengenal satu sama lain. Pada pagi hari, setelah menyantap sarapan para peserta melakukan sesi  bonding antar divisi. Dalam sesi ini para staf, manajer, dan direktur berkumpul bersama divisinya masing-masing. Direktur memberikan penjelasan kepada manajer dan staf mengenai program-program serta hal-hal terkait lebih mendalam kepada staf dan manajer.
Setelah sesi bonding divisi berakhir, kegiatan berlanjut dengan sesi mini games yang dipimpin oleh pengisi acara dari perwakilan mahasiswa Ilmu Komunikasi UB. Mini games yang dilakukan tidak hanya mengakrabkan para staff dan manajer, tetapi juga berfungsi untuk membentuk Indonesian Future Leaders yang berkarakter.  


Mini games oleh perwakilan dari teman-teman Ilmu Komunikasi UB. (dok.DeKSI)

Setelah mini games usai, para direktur mengumumkan pemenang dari kegiatan Amazing Race yang dilaksanakan pada hari pertama makrab. Dan pemenangnya adalah….

KELOMPOK 7!


Kelompok 7, pemenang Amazing Race. (dok.DeKSI)

Keseruan makrab hari kedua pun ditutup dengan diputar nya video tentang program-program yang telah dilakukan oleh IFL Chapter Malang, salah satunya program “Aku Pintar” di Desa Taji. Seluruh kegiatan makrab yang telah dilakukan selama dua hari di kota Batu berjalan dengan lancar. Harapan dari pelaksanaan makrab yaitu mempererat hubungan antar staff, manajer, dan direktur serta memperkenalkan kepada staff dan manajer mengenai keorganisasian, peran pemuda sebagai pemimpin masa depan serta tujuan dan hal-hal positif yang dilakukan oleh IFL Chapter Malang.

Dan inilah bagian dari IFL Chapter Malang 2015/2016. Selamat bekerjasama selama setahun ke depan! 🙂


IFL Chapter Malang 2015/2016. (dok.DeKSI)

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Raekwon McMillan Womens Jersey